Main Menu


Untitled Document
 
Daerah Cianjur

Daerah Cianjur, sedikit lebih jauh dibanding Bogor , menawarkan rute yang lebih dingin dan liar di kaki Gn Gede, dengan beberapa air terjun. Untuk perjalanan satu hari, sektor ini masih terjangkau tetapi perlu keberangkatan lebih awal dari Jakarta. Selama kita dapat keluar dari pintu tol Ciawi pukul 6 pagi, kita biasanya mendapati jalan yang terbuka untuk menuju Puncak pass, bahkan di akhir pekan.

Sektor Cipanas (D) terletak di atas kota Cipanas dan di sana terdapat rute yang lebih tinggi dari rata-rata dibanding di sektor lain, dengan 4 rute berikut:

•  D1 Gegerbentang (6.0), cocok bagi pemula, mendaki bukit tinggi 150m hingga 1369mdpl lalu mampir di kebun swasta yang ditanam i bunga dan buah arbei.

•  D2 Cipendawa (9.7km) melewati 3 lembah, pendakian 1710mdpl. Rute ini melewati 3 air terjun, termasuk air terjun Cipendawa yang menakjubkan. .

•  D3 Maleber-Sarongge (10.7km) melewati sebuah air terjun, pendakian mencapai 1578mdpl. Sambil turun, rute ini melewati kampung Babakansarongge Girang yang bersejarah, yang didirikan oleh bekas tahanan politik dari tahun 1965 hingga 70-an.

•  D4 Pasir Malang (6.8km) pendakian hingga 1525mdpl. Rute ini melewati kampung Pasirmalang yang terpencil, dimana belum ada jalan mobil. Jauh di atas kampung, rute ini melewati lembah di ketinggian 1525mdpl lalu menurun lewat kebun sayuran yang luar biasa subur hingga kampung Pasiripis.

 

Sektor Cugenang (E), lebih ke selatan adalah sektor peta yang paling jauh dari Jakarta dan paling bebas dari pengaruh ekonomi metropolitan. Di sektor ini terdapat paling banyak air terjun.

Sektor ini terletak di atas kota Cianjur dan Pasar Cugenang juga Gekbrong. Sektor ini menawarkan 4 rute :

•  E1 Ci Batulempar (7.0km) cocok bagi pemula, terletak di atas Ps Cugenang. Rute ini melewati 2 air terjun, juga terdapat titik masuk untuk 3 air terjun lainnya. Pendakian mencapai 1401dpl, lewat kebun teh yang luas (Perkebunan Gedeh), wortel dan bawang.

•  E2 Pasir Gulingmuning (10.5km), di atas Cugenang, terdapat kebun teh (perkebunan Gedeh), hutan dan 2 air terjun. Pendakian mencapai 1310mdpl.

•  E3 Pasir Panon (6.0km), di atas Ps Gekbrong, cukup teduh, pendakian hingga 1178m. Melewati air terjun Beleng (40m), hutan dan l adang .

•  E4 Curug Satong (7.0km), di atas Ps Gekbrong, pendakian hingga 1306mdpl. Rute ini melewati air terjun Satong (45m), kebun teh dan ladang.

[Copyright ©by Alex Korns]